Jumat, 11 Mei 2012

Visual Kei

Visual Kei

Visual Kei

Visual Kei itu salah satu jenis musik (genre) atau sub-genre dari musik J-Rock yang musiknnya memiliki ciri khas tersendiri, berhubungan erat dengan glam-rock, punk dan metal, ditambah penekanan pada gaya pakaian dan make-up yang eksentrik. Dan uniknnya dalam genre ini, fashion dan gaya bermake up dianggap sama pentingnya dengan musik yang mereka usung.
Visual Kei juga sering digambarkan sebagai gerakan yang dilakukan beberapa musisi di Jepang yang dikategorikan berdasarkan penggunaan make-up yang unik dan image yang flamboyant. Hal ini juga dihubung-hubungkan dengan make-up tebal, gaya rambut yang nggak biasa dan kostum yang rumit, lekat dengan penampilan androgynous/underground, Ada juga yang bilang kalo sering banget member dari band jenis ini sulit dibedain gender-nya, karena cowok-cowoknya cantik-cantik (bishonen) dan cewek-ceweknya malah bersuara kayak cowok. Musik dari band-band Visual Kei mayoritas dikenal luas di kalangan pendengar musik underground atau indie, tetapi ada juga beberapa band yang berhasil mencapai kesuksesan di jalur musik mainstream. Musik yang ditampilkan pun terdiri dari banyak jenis, tipe/genre, dari pop, heavy metal, hingga elektronika dan lain-lain. Style-style Visual kei juga merupakan gaya musik band tersebut. misalkan band menggunakan Visual kei dengan style Oshare kei maka gaya bermusik mereka juga ceria seperti style Oshare yang ceria dan berwarna-warni. ada juga yang Visual Kei bergaya Gothic maka musik yang mereka bawakan juga Gothic. Visual kei banyak diadaptasi oleh band-band yang masih indie, karena mereka dapat mengeksperikan diri mereka secara bebas. setelah memasuki Major kebanyakan sudah melepas ciri visual kei (seperti L'arc~en~ciel pada awal kemunculannya mereka juga termasuk genre visual kei.).
Visual Kei itu penggabungan dari kata Visual (bahasa Inggris), dan Kei (bahasa Jepang) yang artinya ‘gaya’. Visual Kei (ヴィジュアル系, bijuaru kei) mengacu pada sebuah gerakan dalam J-Rock yang populer pada sekitar tahun 1990-an. Gerakan ini ditandai dengan band yang mengenakan kostum dramatis dan imej visual untuk memperoleh perhatian. Visual Kei singkatnya Vkei itu pertama kali muncul pada era akhir tahun 80-an, dipelopori pertama kali oleh band X-Japan dan band-band seperti D’erlanger dan Color yang kini dianggap sebagai band-band yang mengilhami lahirnnya genre Visual Kei. Visual kei baru terkenal kira" pada tahun 1988 di bawa oleh band X-japan, Buck-tick,  dan beberapa band lainnya.setelah X-japan bubar, barulah Visual kei lebih di kenal di kalangan pencinta musik Jepang. band yang muncul pada setelah X-japan bubar adalah L'arc~en~ciel,Koruyume,Luna sea,Shazna serta beberapa band lainnya. karena banyaknya band-band yang sukses dengan Visual kei-nya, maka banyak bermunculan band-band yang juga mengambil jalur Visual kei, contohnya Dir en grey, Laputa, Pierrot,Due le Quartz,Malice Mizer dan lainnya.
Genre ini mencapai puncak kejayaannya di pertengahan tahun 90-an, bahkan hingga ke negara-negara diluar Jepang, terutama Eropa. Tetapi popularitasnnya mendadak menurun, tepatnnya di akhir tahun 1999 waktu Luna Sea bubar, Laruku memutuskan untuk vakum dan meninggalnya gitaris X Japan Hideto Matsumoto (Hide).
. Tepatnya era 2000-an, banyak band-band Visual Kei yang mulai bereksplorasi dengan musik dan gaya penampilan mereka, Visual Kei yang sebelumnya lekat dengan penampilan yang dark/gothic dan musik yang cenderung suram, belakangan terbagi-bagi menjadi beberapa sub-genre dengan musik dan penampilan Visual yang juga beda. Jadi bisa dibilang juga kalo sekarang itu udah ada berbagai macam jenis Visual Kei. banyak bermunculan band-band visual kei yang baru seperti Unsraw, The Gazette, Nightmare,Versailles, Vidoll, Ayabie,Alice nine dan masih banyak lainnya dengan membawa ciri khas mereka masing-masing. Pada akhirnya sebagian band kembali pada image warna – warni dan fantastik yang populer sekitar 5-10 tahun lalu yang diinspirasi game RPG dan anime


Oshare-Kei
Kalau secara harafiah, dalam bahasa Jepang Oshare berarti pesolek/peraga (o-share o suru), namun seiring perkembangan jaman, istilah oshare sedikit bergeser dan lebih sering digunakan untuk menunjukan sesuatu/seseorang yang stylish atau fashionable dan berhubungan erat sama hal-hal yang trendy.
Kalau Oshare Kei itu merupakan sub-genre dari visual kei yang muncul pertama kali di Jepang pada tahun 2001. Musik dari band Oshare Kei, pada umumnnya menyatukan sound yang dipengaruhi oleh modern pop punk tetapi tetap mempertahankan ‘visual sounds’ (sounds yang merupakan ciri khas band visual-kei) seperti screaming vocal, fast guitar playing dan drum beats yang gila-gila-an. Musiknnya cenderung up-beat dan ceria, liriknnya secara keseluruhan, lebih focus pada hal-hal yang positif dan bersifat optimis, sering kali menceritakan tentang Cinta dan persahabatan.
Dan sesuai dengan jenis musik mereka yang ceria, penampilan dari member band-band Oshare-kei ini pun cenderung ‘ceria’ dalam artian fashion yang bertema colorfull, cute dan youthful. Menggunakan kostum dengan warna-warna terang & Trendy, sejalan dengan gaya street style fashion anak-anak muda Harajuku. Dan band-band yang dapat dikategorikan sebagai Oshare-kei band, diantarannya: An cafe, SuG, Megamasso, Kra, Eimy, THE KIDDIE, v (NEU) dan masih banyak yang lainnya.



Visual Kei Style

- Oshare kei Style ini memiliki ciri yaitu kostum yang ceria, warna-warni, penuh aksesoris, dan pokoknya rame deh. Contoh bandnya : Ayabie, Alice nine,An cafe, Neu, Megamasso, vivid
- Gothic Style ini menggunakan Kostum yang biasanya serba Hitam dan make up wajah yang pucat.
Contoh bandnya : Moi dix Mois, Malice Mizer (jamannya Klaha). Catatan: sampai skrg sebagian para penganut gothic jepang tidak mengakui gothic sebagai bagian dari visual kei, dikarenakan adanya sedikit perselisihan antara mereka.
- Mediterranean Style ini terinspirasi dari kostum orang-orang mediterania
Contoh bandnya : L'arc~en~ciel (Jaman 1991an)
-Oriental kei Style ini menggunakan kostum khas negara Timur, seperti Kimono ataupun Yukata.
Contoh bandnya : Kaggra, Onmyouza, Atamerasse
-Fetish Style yang menggunakan kostum Bahan dari kulit
Contoh bandnya : Dir en Grey (jaman 1996an), Due le Quatz.
- Eroguro kei Style dengan dandanan mata tebal dan muka di coret-coret, namun Kostumnya tergolong biasa. Contoh bandnya : Merry,Mucc.
-Renaissance Style dengan menggunakan kostum ala Eroupa pada abad pertengahan.
Contoh bandnya : Hizaki Grace Project, Versailles, Leraine.
-Angelic Style ini menggunakan kostum serba Putih,kebalikan dari gothic.
Contoh bandnya : Gackt, Malice mizer (jaman Gackt)
-Glam Style ini sering digunakan oleh Jrocker yang senang menunjukan kemolekan tubuhnya.
Contoh bandnya: Miyavi,Sugizo(gitaris Luna sea).
- Groom Boom Style ini menggunakan Kostum pengantin baik itu gaun ataupun tuxedo.
Contoh bandnya : Luna sea, Shazna, Duel Jewel.
- Fairy Tale Style ini menggunakan Kostum yang berhubungan dengan dongeng dan mitologi.
Contoh bandnya : psycho le cemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar