Minggu, 13 Mei 2012

Otaku

Otaku (おたく) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi. Otaku bisa juga berarti kata ganti orang kedua yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku, setara dengan kata "Anda" dalam bahasa Indonesia.
Sejak paruh kedua dekade 1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime, game dan manga.

Pengertian awal:

Otaku biasanya lebih cenderung mengurung diri dan jarang bersosialisasi kecuali dengan sesama otaku, namun tidak semua otaku berperilaku anti sosial. Seorang otaku tidak jarang mengaku dirinya sebagai seorang otaku, namun ada juga yang menyembunyikan identitasnya sebagai otaku, dan ada juga yang tidak sadar kalau dirinya adalah otaku.

Otaku sejati biasanya mempunyai koleksi game, manga dan anime yang banyak, tidak ketingalan action figure, poster, serta benda-benda lainnya yang mengandung unsur hobinya ini. Namun ada juga otaku yang meski koleksinya cuman sedikit, namun dia disebut otaku karena lebih banyak menghabiskan waktunya di kamarnya untuk menonton anime, membaca manga dan bermain game. Seorang otaku tidak dibatasi oleh gender, status sosial dan umur.

Perkembangan Otaku:

Seiring dengan perkembangannya, otaku lebih berdefinisi positif, Karena otaku yang tadinya adalah orang yang terlalu terobsesi dengan hobi tertentu, sekarang lebih sering disebut denga orang yang betul-betul menekuni hobi.

Otaku terbagi atas:

-Manga ota. Orang-orang yang suka membaca manga dan mengoleksi manga.
-Seiyuu ota. Seiyuu adalah pengisi suara dari anime. Orang-orang yg tergolong ini mampu mengenali seiyuu hanya dari mendengar suaranya.
-Tetsudou (Railroad) ota. Ada 2 tipe dari otaku ini, noritetsu: orang yang memiliki hobi melakukan perjalanan menggunakan kereta, dan toritetsu: orang yang memiliki hobi mengambil foto dari kereta.
-Idol ota. Berlawanan dengan anime ota, Idol ota tertarik terhadap 3d (sanjigen) ketimbang 2d (nijigen). Mereka biasanya mengambil foto-foto idolanya menggunakan camera.
-Figure ota. Orang-orang yang mengoleksi figure. Ada 2 tipe, yang pertama adalah yg mengoleksi figure-figure yang lebih mahal, dan yang kedua yang suka mengoleksi gachapon/gashapon (gachapon adalah figure kecil).
-Cosplay ota. Orang-orang yang suka menggunakan pakian seperti karakter anime/game.
-Maid ota. Juga dikenal sebagai meidosuki. Orang-orang ini menyukai orang yang berpakaian dan bertindak seperti seorang maid.
-Eroge ota. Eroge artinya erotic game. Orang-orang yang tergolong dalam otaku ini menyukai permainan erotic game.
-Anime ota. Orang-orang yang suka dengan segala hal berhubungan anime.
-Pasocon ota. Orang-orang yang suka dengan segala hal yang berhubungan dengan komputer.
-Game ota. Orang-orang yang suka bermain game, tapi bukan yang tergolong erogame.
-Gunji ota. Orang-orang yang suka dengan segala hal yang berhubungan dengan militer: seragam militer, mainan militer dan lain-lain.

Source: Various source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar