Minggu, 13 Mei 2012

Kameko

kameko adalah sebutan bagi mereka yang suka berkeliaran di event-event cosplay demi mendapatkan foto-foto cosplayer. Kameko berasal dari kata camera (カメラ) dan kozou (小僧), yang berarti camera boy atau anak laki-laki berkamera. Kameko merupakan salah satu kebudayaan pop Jepang yang muncul bersamaan dengan munculnya cosplay (costum play). Secara harafiah, kameko adalah seseorang yang memotret cosplayer, baik itu secara candid, ataupun secara sadar oleh cosplayer (costum player) itu sendiri.





Sebenarnya fotografer dan kameko tidak ada bedanya. Hanya saja, perbedaan yang paling mendasar adalah konsep yang diasung. “Foto cosplay itu sendiri kalo dalam fotografi masuk ke dalam foto konsep. Kenapa foto konsep? Karena mulai dari karakter, kostum, dan penjiwaannya itu sudah mengandung konsep.”

Kalau di teliti benar-benar, Kameko itu mempunyai berbagai Karakter:
  1. Kameko profesional. tipe ini berusaha mencari moment terbaik dari cosplayernya. Menangkap foto terbaik saat cosplayer perform, ataupun meminta cosplayer bergaya sesuai karakter.
  2. Kameko Pencuri. Ini bisa dibilang pinter dan oportunities. dia memakai moment yang dipake para kameko lain. biasanya kalau ada kameko yang mau memfoto seorang cosplayer, dia ikut nimbrung bahkan berusaha dapet angle terbaik. akibatnya cosplayer yang tadinya dah siap 1 kali jepret, harus menunggu ampe berkali-kali jepret. sebenarnya gak jelek-jelek amat kok tipe kameko ini, karena dia bisa ambil foto dari angel lain yang mungkin bisa lebih bagus.
  3. Kameko yang penting dapet. Kameko jenis ini cuman asal jepret aja, masalah bagus atau tidak, itu belakangan baginya
  4. Kameko Cosplayer. Kameko merangkap cosplayer atau sebaliknya
  5. Kameko Stalker. Kameko yang dari awal dia datang hanya mempunyai satu tujuan, yaitu mengejar objek foto tertentu bahkan condong ke hal-hal negatif.
So, sebagai Kameko, jadilah Kameko yang baik dan saling menguntungkan. Karena, Cosplayer juga kalau kecapean juga sering maksain dirinya untuk menerima ajakan foto karena faktor ga enak ama kamekonya. Seandainya cosplayernya menolak pun, seorang kameko mesti mengerti, mungkin tuh cosplayer sedang sibuk atau sedang kecapean.

Yang pasti, keberadaan Kameko sangat bermanfaat bagi cosplayer dan orang lain yang ingin melihat foto-foto cosplay idolanya.di satu sisi, seorang Kameko mendapatkan apa yang dia inginkan, di satu sisi, Cosplayer merasa terbantu dengan adanya yang mendokumentasikan kostumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar